Info Sekolah
Senin, 08 Jul 2024
  • MEMBINA ROHANI | MENGGALI POTENSI | MERAIH PRESTASI

Upacara Bendera Peringati Hari Pramuka ke-62 di SMK Cijangkar dengan tema “Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Setiap tahun, bangsa Indonesia memperingati Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus. Tidak hanya di sekolah-sekolah dasar dan menengah, tetapi juga di berbagai lembaga pendidikan kejuruan, semangat kepramukaan tetap berkobar. Pada peringatan Hari Pramuka ke-62, SMK Cijangkar menggelar upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa dan siswi, lengkap dengan pakaian seragam pramuka. Para guru-guru dan kepala sekolah pun turut hadir untuk menguatkan semangat dan kebersamaan dalam wadah gerakan pramuka.

Pukul 07.00 WIB pagi, langit masih dihiasi oleh cahaya matahari pagi ketika seluruh siswa dan siswi SMK Cijangkar berkumpul di lapangan upacara. Seragam pramuka yang terdiri dari kemeja cokelat, celana cokelat, serta topi gembira, menjadi tanda kebanggaan dan semangat kepanduan yang terus berkobar di hati setiap anggota pramuka. Kehadiran seragam pramuka juga menjadi cermin penghargaan terhadap gerakan kepanduan yang mengajarkan nilai-nilai kehidupan.

Pembina upacara pada kesempatan ini adalah Deni Kurnia, ST, pembina pramuka SMK Cijangkar. Dengan langkah tegas dan penuh wibawa, Deni Kurnia, ST memimpin prosesi pengibaran bendera Merah Putih. Suasana hening dan khidmat mengiringi momen ini, mengingatkan semua peserta upacara akan arti penting bendera sebagai simbol kebangsaan dan persatuan.

Tidak hanya sebagai pemimpin upacara, Deni Kurnia, ST juga berperan sebagai narasumber dalam amanat upacara. Dengan penuh semangat, beliau mengingatkan para siswa dan siswi tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban sebagai anggota pramuka. Dalam amanatnya, Deni Kurnia menggarisbawahi pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mencakup semangat gotong royong, kedisiplinan, kejujuran, serta rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, sekolah, dan bangsa.

Tema sentral amanat Deni Kurnia dalam peringatan Hari Pramuka ke-62 ini adalah “Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”. Dalam konteks pendidikan di SMK Cijangkar, tema ini memiliki makna mendalam. Deni Kurnia menjelaskan bahwa menjadi anggota pramuka tidak hanya tentang mengenakan seragam, tetapi juga tentang membangun karakter yang berkualitas.

Lebih lanjut, Deni Kurnia menyampaikan beberapa prestasi gemilang yang telah diraih oleh SMK Cijangkar dalam kegiatan pramuka. Prestasi ini mencakup berbagai lomba dan kompetisi pramuka baik tingkat daerah maupun nasional. Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan sekolah, tetapi juga mencerminkan komitmen siswa dan siswi SMK Cijangkar dalam mengembangkan diri melalui kegiatan pramuka.

Peringatan Hari Pramuka ke-62 di SMK Cijangkar menjadi momentum penting dalam memupuk semangat kepanduan dan semakin memperkokoh rasa cinta tanah air. Upacara bendera ini tidak hanya seremonial semata, tetapi juga mencerminkan semangat juang untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, profesional, dan memiliki wawasan kebangsaan. Melalui kegiatan pramuka, SMK Cijangkar terus berkomitmen untuk menghasilkan generasi muda yang tangguh, berintegritas, dan berdedikasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar